Festival Lampion Purwokerto

IMG_20151117_201133

2 hari yang lalu ketika saya sedang melewati taman kota Andhang Pangrenan, saya melihat pohon lampu banyak sekali dan lampion bentuk ikan. Saya berhenti sejenak untuk melihat ada apakah gerangan? Ternyata ditaman kota tersebut ada Festival Lampion!

Saya yang waktu sedang sendirian memutuskan untuk pulang karena rasanya tidak enak kalau masuk kesana sendirian dan lagipula nanti siapa yang foto saya ya? wkwkwk

Oke, akhirnya saya mengajak seorang teman dan besoknya saya pergi ke festival lampion tersebut. Untuk masuk ke kawasan taman kota, saya harus membayar Rp 2.500/orang, memang wajar kalau ada acara kita harus membayar untuk masuk kesana, tapi kalau sedang tidak ada acara, kita bisa masuk kesana gratis.

Lalu saya dan teman langsung berjalan menuju festival lampion karena memang itu tujuan kami. Pas saya lihat, ada satu hal yang menjadi pertanyaan didalam pikiran saya. Kenapa tempat festivalnya kecil ya?

Pihak penyelenggara rupanya tidak memakai taman kota secara maksimal, mereka cuma memakai kira-kira sekitar 100m x 50m saja mungkin, itu hanya perkiraan saya. Selain itu, ternyata kami harus membayar lagi untuk masuk ke daerah festival lampion tersebut sebesar Rp 10.000/orang.

IMG_20151117_202627

Menurut saya, harga segitu mahal untuk tempay festival yang sekecil itu. Kenapa saya bilang mahal? karena waktu itu saya masuk ke Taman Pelangi di Yogyakarta yang sangat luas dan didalam ada berbagai macam fasilitas, hanya perlu membayar Rp 10.000/orang saja. Sangat besar sekali perbedaannya dengan festival lampion di purwokerto.

Ya, saya agak kecewa saja dengan harga tiket masuknya dengan tempat yang seperti itu. Oke, saya mencoba untuk mengesampingkan harga tiket masuk. Saya mencoba melihat isinya dan disana sudah terpasang pohon lampu yang banyak secara bergerombol disalah satu bagiannya. Lalu di sisi lain ada lampion bentuk ikan, ayam, beruang, dan hewan lainnya.

Tak ketinggalan ada sebuah kastil yang berdiri di tengah-tengah tempat itu dan dilengkapi dengan red carpet yang digelar dari pintu lampion hingga depan kastil. Lagi-lagi, bagian kastil ini juga bikin saya kecewa, karena didalamnya kosong tidak ada apa-apa. Kalau saja didalamnya dipajang sesuatu seperti lampion cinderella yang dipajang diluar kastil mungkin sangat menarik sekali.

IMG_20151117_202642Terlepas dari itu semua, saya sangat menghargai pihak
penyelenggara yang ingin meramaikan kota Purwokerto. Tapi disini saya ingin memberikan sedikit saran:

  1. Mohon untuk tiket masuk bisa kurangi sedikit, karena mengingat masih banyak penduduk Purwokerto yang menengah kebawah, apalagi didaerah taman kota andhang pangrenan.
  2. Kalau bisa dimaksimalkan tempat festival nya. Jika memang ingin tetap dengan harga segitu, ya paling tidak dilebarkan lagi tempatnya.
  3. Untuk lebih menarik minat pengunjung, coba tatanan lampionnya diperbagus lagi.

Overall saya suka sama festival lampion ini, tapi yang saya lebih suka itu sama pohon lampunya. Romantis deh hehe [efek jones]. Untuk festival lampion ini saya kasih 3.5 bintang deh…

Bagi kalian yang tertarik untuk datang ke Festival Lampion di Andhang Pangrenan, kalian bisa langsung datang kesana. Jangan lupa datang bersama teman, pacar atau keluarga tercinta, ya!

Leave a Reply

