Mata Najwa On Stage at Alun-alun Purwokerto

matanajwa3

Eiyooo beefriends…

Ketemu lagi sama aku yang kece badai ini wkwk… Kali ini aku akan berbagi pengalaman aku pada saat menghadiri salah satu acara besar di Purwokerto yaitu Mata Najwa On Stage. Acara ini sangat dinantikan banyak masyarakat Purwokerto, apalagi tuan rumah Mata Najwa, yakni Najwa Shihab yang juga merupakan salah satu idola.

Pendaftaran untuk mendapatkan tiket ini gratis alias gak bayar dan harus melalui website. Pendaftarannya sendiri sudah dibuka dari jauh-jauh hari sekitar 2 minggu sebelum acara berlangsung. Beruntungnya aku bisa mendapatkan tiket tersebut pada tanggal 11 Mei. Tiket yang kita dapat pada saat pendaftaran online itu berupa dokumen dalam bentuk pdf yang nantinya harus kita print dan kita bawa pada saat registrasi ulang.

Untuk pembukaan registrasi ulangnya sendiri dibuka tanggal 12-13 Mei dari jam 09.00-18.00 WIB di boot Mata Najwa yang ada di alun-alun Purwokerto. Serunya acara Mata Najwa… kita bisa foto-foto di beberapa titik yang sudah disediakan oleh Metro TV. Seperti kita bisa foto di stage dengan backgound tulisan metro tv dan mata najwa yang posisinya di depan pintu masuk alun-alun, samping boot registrasi ulang dan juga disamping boot Kopi Kapal Api.

Selain itu, pada titik yang ada didepan pintu masuk disediakan mic metro tv dan papan berbentuk layar tv. Jadi disana seakan-akan kita bisa menjadi seorang wartawan yang sedang bertugas di tempat kejadian. Sedangkan di samping boot registrasi kita bisa berfoto layaknya seperti pembawa berita di metro tv.

Disana aku cuma bisa berfoto di dua titik yakni yang ada di depan pintu masuk dan di samping boot registrasi. Rasanya kayak orang metro tv beneran loh wkwk…

Oke… lanjut ke acara. Mata Najwa itu open gate nya mulai jam 16.30 WIB dan orang yang masuk tentu aja berdesakan. Aku sendiri setelah masuk ke lokasi acara mengambil posisi di tengah-tengah lapangan dan gak terlalu jauh dari panggung.

Acara Mata Najwa dibuka dengan 2 orang host kece badai yang memandu acara tersebut sebelum masuk ke acara inti. Lalu ada tarian ucapan selamat datang yang dibawakan dengan sangat apik sekali. Ada juga pembagian doorprize yang dipandu oleh host-host. Yang paling menarik adalah hadirnya 3 komika yang menghibur para penonton dalam stand up comedy. Perut aku udah di kocok dari awal sampai akhir oleh ketiga komika itu.

Lanjut… setelah itu ada Endank Soekamti yang menghibur penonton dengan lagu-lagu andalannya. Namun pada saat mereka sudah naik keatas panggung, situasi pun menjadi ricuh dan tak terkendali. Penonton yang langsung pada berdiri dan maju kedepan, tapi yang bikin gak enak adalah aksi dorong yang dilakukan oleh para fans Endank Soekamti. Setelah beberapa detik akhirnya aku menyadari bahwa para fans Endank Soekamti menerobos masuk ke tengah lapangan dengan membawa spanduk dan bendera mereka. Selain itu juga mereka menyebabkan aksi saling dorong diantara penonton.

Lalu dimana staf keamanan yang sejak awal sudah disiapkan???

Soalnya situasi ricuh itu berlangsung lama sampai sekitar 10 menit, walaupung Endank Soekamti sudah memberitahukan kepada penonton untuk tenang dan duduk dengan rapih seperti awal acara. Namun tetap saja tidak ada tanda-tanda staf keamanan bergerak dan itu berlangsung hingga sekitar 20 menit.

Ditambah lagi pada saat itu alun-alun diguyur hujan yang lumayan lebat, semuanya makin menjadi tak terkendali. Hingga sampai Najwa Shihab memasuki panggung, para penonton yang berada didepan tidak mau duduk dan terjadilah aksi teriak diantara penonton yang ada dibelakang yang meminta penonton didepan untuk segera duduk namun mereka tak juga mau duduk.

Disini saya merasa malu dengan Tuan Rumah Mata Najwa. Kenapa? Karena tema pada saat itu adalah “Bagimu Negeri” tapi kenapa para penontonnya seperti itu?

Penonton lain yang memang datang untuk menyaksikan acara tersebut dengan nyaman sudah dibantai perasaannya habis-habisan dan memutuskan untuk pulang. Termasuk aku yang pada saat itu melihat situasi yang tidak lagi kondusif akhirnya memutuskan untuk pulang saja, walaupun Mata Najwa baru berlangsung sekitar 15 menit.

Sayang memang, karena aku sudah menunggu beberapa jam untuk bisa melihat penampilan Najwa Shihab. Tapi bagaimana lagi? Kondisi yang seperti itu bisa saja bertambah buruk sewaktu-waktu. Apalagi yang katanya Endank Soekamti akan menghibur penonton lagi. Disitu saya berfikir pasti akan kembali ricuh, sedangkan para fans mereka belum pulang dan menunggu di samping lapangan di depan gedung DPRD.

Ya, seperti itulah pengalaman aku dalam menghadiri Mata Najwa On Stage di Alun-alun Purwokerto. Semoga saja pihak penyelenggara bisa lebih baik lagi dalam menyelenggarakan acara dan pintar dalam memilih bintang tamu. Kenapa aku mengatakan begitu? karena lihat saja fans-fans para artis yang akan dijadikan bintang tamu, apakah fans mereka berpotensi untuk membuat kericuhan atau tidak.

Aku adalah orang yang selalu mengagumi Metro TV karena acara-acara mereka yang berbobot dan tidak terpengaruh oleh acara alay. Mereka bisa maju menjadi stasiun tv yang terdepan walaupun mereka berbeda. Jadi alangkah baiknya jika pengalaman yang ada di Purwokerto ini bisa menjadi bahan untuk bisa lebih baik kedepannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s