Resep Nasi Oplos

nasi oplos

Hi….

Akhirnya bisa post blog lagi nih. Kali ini aku akan kasih kalian resep nasi oplos…

Apa sih nasi oplos itu? Kok kayaknya serem banget ya, ada kata oplosnya wkwkwk. Nasi oplos itu sebenernya nasi yang dicampur sama mie. Nasinya sendiri adalah nasi goreng ya… Biasanya nih, nasi oplos jadi santapan wajib buat anak kos loh, apalagi kalau udah akhir bulan karena harus irit (ups, ketauan deh haha).

Nasi oplos juga bisa kok dimakan sama orang lain selain anak kos, bagi yang mau loh ya… Porsinya banyak dan murah juga. Nasi ini gampang banget cara bikinnya, dan disini aku tidak memberikan resep yang susah-susah dan ribet, jadi simple aja dan semua dari yang tidak bisa masak sampai yang bisa masak pasti bisa bikin. Oke langsung aja ya…

Bahan:

  • 1 bungkus bumbu nasi goreng (varian bebas sesuai selera).
  • 1 mie telor ukuran kecil (bisa pakai mie burung dara).
  • 1 centong/porsi nasi putih.
  • 1 buah bawang bombay.
  • 3 buah cabe rawit merah.
  • 2 sdm saus sambal.
  • 5 lembar daun pakcoy/cesim (atau sayuran lainnya, bisa ditambahkan sendiri).
  • garam secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Rebus mie telor hingga setengah matang lalu tiriskan.
  2. Iris bawang bombay, pakcoy, dan cabe rawit.
  3. Tumis bawang bombay dan cabe rawit hingga setengah layu lalu masukkan saus sambal.
  4. Masukkan nasi putih dan mie yang sudah ditiriskan kemudian aduk hingga rata. Kemudian masukkan bumbu nasi goreng instan, aduk lagi hingga merata.
  5. Setelah rata, masukkan sayur yang sudah di iris, lalu aduk lagi hingga tercampur.
  6. Terakhir, tambahkan garam secukupnya sesuai selera. Hidangkan.

Note: untuk 2-3 porsi

Gimana? gampang banget kan?

Nah, bagi yang bingung mau makan apa hari ini. Yuk langsung aja cusss ke dapur dan bikin Nasi Oplos. Buat yang tidak suka pedas, bisa dihilangkan cabe rawit dan saus sambalnya, sesuai selera aja ya.

Bagi yang udah bikin, yuk shared pengalaman kamu disini dan hasilnya seperti apa. Happy Cooking guys ^^

Cilok Bawor dan RanDol

2

Halo…

Akhirnya saya bisa posting lagi nih di blog, setelah sekian lama terkurung gak bisa nulis hehe…

Kali ini saya mau membahas salah satu jajanan yang sudah lama diminati di Purwokerto. Ya, Cilok. Tapi saya disini akan spesifik ke salah satu merk cilok populer, yakni Cilok Bawor.

Cilok Bawor ini udah banyak menyebar di berbagai daerah Purwokerto, tapi yang saya pernah temui baru 2, didepan SMA 2 Purwokerto dan 50 meter sebelum UNSOED Pusat (ada di kiri jalan kalau dari arah selatan).

IMG_20150814_162555

Ciloknya sendiri sedang lah untuk ukurannya, normalnya bisa dimakan 2-3 kali gigitan. Tapi buat yang mulutnya gede mungkin sekali makan bisa haha kidding…Oke, cilok bawor ini isinya macem-macem, ada yang isi daging, keju, cabe, telor puyuh, terus satu lagi lupa apaan.

IMG_20150814_164309

Tapi karena yang isi keju kurang diminati, jadi yang keju udah gak diproduksi lagi. Saya beli seporsi dan isinya 6 campur semua isinya. Rasanya sih oke, cilok harga segitu dengan seporsi isi 6 dan besarnya sedang menurut saya wajar aja. Biasanya cilok kan umumnya yang dijual di tukang-tukang pakai gerobak itu bumbunya cuma saos sama sambel aja. Nah, Cilok Bawor ini bumbunya pakai bumbu kacang.

IMG_20150814_160716IMG_20150814_160753

Setelah sukses membeli cemilan cilok, saya langsung cari minuman yang udah lama banget pingin saya beli, Randol. Randol ini di Purwokerto rada telat gitu ya booming nya, biasa lah haha. Randol sendiri kependekan dari Radja Cendol. Si Randol ini baru saya temuin di kompleks UNSOED juga didaerah karangwangkal dan cuma buka dari jam 12 siang sampai jam 7 malam, itu juga kalo masih ada cendolnya jam 7 malem.

Randol ini banyak banget menu nya dan namanya sangat-sangat unik dan bikin penasaran. Tapi saya pilih yang pakai silver queen, namanya itu Si Queen Doll. Cendolnya lembut dan biasanya cendol itu pakai santan, ini gak loh… Randol ini pakai susu murni Diamond. Kalian yang mengerti susu pasti tau kalau Diamond itu merk susu UHT yang bagus banget, sama kayak susu Ultra.

IMG_20150814_164040

Tapi walaupun gak pakai santan, tapi rasanya tetep maknyuuussss hehe… recomended banget lah buat kalian yang pecinta cendol.